4. Pendidikan Berkualitas | ||||||||||
Kode Indikator | Target/Indikator | Sumber Data | Satuan | Baseline (2021) | Target Pencapaian | Instansi Pelaksana | ||||
2022 | 2023 | 2024 | 2025 | 2026 | ||||||
Tujuan SDGs 4 : Menjamin Kualitas Pendidikan yang Inklusif dan Merata serta Meningkatkan Kesempatan Belajar Sepanjang Hayat untuk Semua | ||||||||||
Target 4.1 : Pada tahun 2030, menjamin bahwa semua anak perempuan dan laki-laki menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah tanpa dipungut biaya, setara dan berkualitas yang mengarah pada capaian pembelajaran yang relevan dan efektif. | ||||||||||
4.1.1.(a) | Proporsi anak-anak dan remaja di kelas 5, kelas 8 dan usia 15 tahun yang mencapai setidaknya tingkat kemahiran minimum dalam membaca dan matematika | Persen | Dinas Pendidikan | |||||||
4.1.2* | Tingkat penyelesaian pendidikan jenjang : | |||||||||
a. SD/sederajat | Renstra Dinas/RPJMD | Persen | Dinas Pendidikan | |||||||
b. SMP/sederajat | Renstra Dinas/RPJMD | Persen | Dinas Pendidikan | |||||||
c. SMA/sederajat | Renstra Dinas/RPJMD | Persen | Dinas Pendidikan | |||||||
4.1.2.(a) | Angka anak tidak sekolah jenjang : | |||||||||
a. PAUD/sederajat | Renstra Dinas/RPJMD | Persen | Dinas Pendidikan | |||||||
b. SD/sederajat | Renstra Dinas/RPJMD | Persen | 0,2 | Dinas Pendidikan | ||||||
c. SMP/sederajat | Renstra Dinas/RPJMD | Persen | 1,87 | Dinas Pendidikan | ||||||
d. SMA/sederajat | Renstra Dinas/RPJMD | Persen | 20,81 | Dinas Pendidikan | ||||||
Target 4.2. Pada tahun 2030, menjamin bahwa semua anak perempuan dan laki-laki memiliki akses terhadap pengembangan dan pengasuhan anak usia dini, pengasuhan, pendidikan pra-sekolah dasar yang berkualitas, sehingga mereka siap untuk menempuh pendidikan dasar. | ||||||||||
4.2.2* | Tingkat partisipasi dalam pembelajaran yang terorganisir (satu tahun sebelum usia sekolah dasar), menurut jenis kelamin | Renstra Dinas/RPJMD | Persen | Dinas Pendidikan | ||||||
Target 4.3 : Pada tahun 2030, menjamin akses yang sama bagi semua perempuan dan laki-laki, terhadap pendidikan teknik, kejuruan da pendidikan tinggi termasuk universitas yang terjangkau dan berkualitas | ||||||||||
4.3.1 | Tingkat partisipasi remaja dan dewasa dalam pendidikan dan pelatihan formal dan non formal dalam 12 bulan terakhir, menurut jenis kelamin | Renstra Dinas/RPJMD | Persen | Dinas Pendidikan | ||||||
4.3.1.(a) | Angka Partisipasi Kasar (APK) Perguruan Tinggi (PT) | Renstra Dinas/RPJMD | Persen | 43,89 | Dinas Pendidikan | |||||
Target 4.4 : Pada tahun 2030, meningkatkan secara signifikan jumlah pemuda dan orang dewasa yang memiliki keterampilan yang relevan, termasuk keterampilan teknik dan kejuruan untuk pekerjaan, pekerjaan yang layak dan kewirausahaan | ||||||||||
4.4.1.(a) | Proporsi remaja (usia 15-24 tahun) dan dewasa (usia 15-59 tahun) dengan keterampilan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) | |||||||||
1. Proporsi remaja (usia 15-24 tahun) dengan keterampilan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) | Renstra Dinas/RPJMD | Persen | Dinas Pendidikan | |||||||
2. Proporsi dewasa (usia 15-59 tahun) dengan keterampilan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) | Renstra Dinas/RPJMD | Persen | Dinas Pendidikan | |||||||
Target 4.5. Pada Tahun 2030, menghilangkan disparitas gender dalam pendidikan, dan menjamin akses yang sama untuk semua tingkat pendidikan dan pelatihan kejuruan, bagi masyarakat rentan termasuk penyandang cacat, masyarakat penduduk asli, dan anak-anak dalam kondisi rentan. | ||||||||||
4.5.1* | Rasio Angka Partisipasi Murni (APM) pada tingkat SD/sederajat dan Rasio Angka Partisipasi Kasar (APK) pada tingkat SMP/sederajat, SMA/SMK/sederajat dan perguruan tinggi untuk : | |||||||||
Rasio Angka Partisipasi Murni (APM) pada tingkat SD/sederajat | ||||||||||
a. perempuan/laki-laki | Renstra Dinas/RPJMD | Persen | 99,49 | Dinas Pendidikan | ||||||
b. kuintil terbawah/teratas | Renstra Dinas/RPJMD | Persen | Dinas Pendidikan | |||||||
c. disabilitas/tanpa disabilitas | Renstra Dinas/RPJMD | Persen | Dinas Pendidikan | |||||||
Rasio Angka Partisipasi Kasar (APK) pada tingkat SMP/sederajat | ||||||||||
a. perempuan/laki-laki | Renstra Dinas/RPJMD | Persen | 99,87123613 | |||||||
b. kuintil terbawah/teratas | Renstra Dinas/RPJMD | Persen | ||||||||
c. disabilitas/tanpa disabilitas | Renstra Dinas/RPJMD | Persen | ||||||||
Rasio Angka Partisipasi Kasar (APK) pada tingkat SMA/SMK/sederajat | ||||||||||
a. perempuan/laki-laki | Renstra Dinas/RPJMD | Persen | 99,09555643 | |||||||
b. kuintil terbawah/teratas | Renstra Dinas/RPJMD | Persen | ||||||||
c. disabilitas/tanpa disabilitas | Renstra Dinas/RPJMD | Persen | ||||||||
Rasio Angka Partisipasi Kasar (APK) pada tingkat Perguruan Tinggi | ||||||||||
a. perempuan/laki-laki | Renstra Dinas/RPJMD | Persen | 108,0312722 | |||||||
b. kuintil terbawah/teratas | Renstra Dinas/RPJMD | Persen | ||||||||
c. disabilitas/tanpa disabilitas | Renstra Dinas/RPJMD | Persen | ||||||||
Target 4.6 : Pada tahun 2030, menjamin bahwa semua remaja dan proporsi kelompok dewasa tertentu, baik laki-laki maupun perempuan, memiliki kemampuan literasi dan numerasi | ||||||||||
4.6.1.(a) | Persentase angka melek aksara penduduk umur >15 tahun | Renstra Dinas/RPJMD | Persen | 99,86 | 99,9 | 99,95 | 100 | 100 | 100 | Dinas Pendidikan |
SDGs Universitas Sumatera Utara